Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pola Komunikasi dalam Masyarakat Digital

Instargam @kotasukabumi_

Perkembangan Media Sosial Instagram di Zaman Sekarang 

Perkembangan komunikasi berjalan begitu cepat. Mulai dari media cetak, media elektronik,hingga media sosial. Dimana media sosial ini sangat membawa perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Awal mula kemunculan media sosial berawal dari Six Degrees, yang dibuat oleh Andrew Weinreich pada tahun 1997. Pada saat itu para Six Degrees menjadi situs media sosial pertama yang berhasil dikembangkan pada masanya. Setalah awal taun 2000-an mulailah bermunculan media sosial yang lebih modern sehingga memungkinkan semua orang untuk berkomunikasi secara jarak jauh tanoa harus bertemu.

Teknologi media sosial ini sering juga dikaitkan dengan media baru sebagai pengganti dari media lama dalam penyebarluasan informasi. Menurut Denis McQuail dalam bukunya Teori Komunikasi Massa (2011:43) ciri utama media baru adalah adanya saling keterhubungan,aksesnya terhadap khalayak individu sebagai penerima maupun pengirim pesan,interaktivitasnya, kegunaan yang beragam sebagai karakter yang terbuka, dan sifatnya yang ada di mana-mana. Klaim status paling utama sebagai media baru dan mungkin juga sebagai media massa adalah internet.

Menurut penjelasan tersebut diketahui bahwa media baru ini merupakan proses penyebaran informasi yang aksesnya dalam siterima oleh semua khalayak. Perkembangan ini sangat berguna karena menjadi saling terbuka dan bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Kemunculan ini tentunya berdanpak baik bagi perkembangan dalam proses komunikasi sehingga dalam memudahkan segala akses.

Dalam perkembangannya banyak sekali media sosial yang bermunculan dengan berbagai fitur dan fungsi yang berbeda, salah satunya Instagram. Dimana Instagram sendiri diluncurkan oleh perusahaan Startup Burbn di San Fransisco, Amerika Serikat. Versi pertama dari Instagram adalah Burbn di mana aplikasi ini hanya bisa dioperasikan lewat perangkat iPhone. Di awal pembuatannya, Kevin Systrom dan Mike menghadirkan banyak fitur di dalam Instagram.

Namun, pada akhirnya mereka memutuskan untuk fokus pada beberapa fitur saja seperti berbagi foto, komentar dan menyukai.

Kemudian, di tahun 2012, Facebook melakukan akusisi pada Instagram dengan nilai $1 juta dalam bentuk tunai dan saham. Setelah itu, Instagram pun diluncurkan lewat perangkat Android dan telah berhasil diunduh sebanyak satu juta kali oleh pengguna Android hanya dalam waktu 1 hari saja. Tak sampai di situ saja, pada bulan November 2012, Instagram juga telah merilis Instagram dalam bentuk Web App sehingga, siapapun bisa mengakses Instagram lewat desktop. Di tahun 2014, Instagram kembali meluncurkan fitur Geotagging yang membantu para penggunanya untuk menambahkan lokasi saat memposting foto mereka.

Dimana media sosial ini sudah menjadi hal yang melekat pada masyarakat digital di era sekarang karena hampir setiap orang mempunyai media sosial. Perkembangan ini tidak terlepas dari bantuan internet karena menjadi perantara penyebaran informasi dalam media sosial.

Internet yang merupakan singkatan dari inteconnected networking adalah suatu kumpulan jaringan komputer dari berbagai jenis tipe, yang saling berkomunikasi dengan menggunakan suatu standar komunikasi. Secara teknis, internet merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan computer di dunia,yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.

Perubahan Pola Komunikasi Masyarakat Digital

Dengan perkembangan ini membuat interaksi dalam kehidupan sehari-hari menjadi berubah karena perkembangan tersebut. Perubahan tersebut dapat terlihat dari interaksi yang lebih banyak terjadi dalam media sosial dibandingkan dunia nyata. Perilaku tersebut tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing dalan praktiknya. Namun, secara garis besar perubahan interaksi ini lebih mempermudah manusia dalam berinteraksi.

Ada beberapa pola komunikasi yang berubah dengan adanya media sosial ini, mulai dari interaksi, bisnis hingga daily life. Hal itu dapat dilihat dari perilaku manusia yang cenderung melakukan komunikasi melalui media sosial baik hanya untuk bertanya kabar ataupun bentuk komunikasi lainnya. Perilaku tersebut dilakukan karena kebutuhan komunikasi yang sangat penting namun terhalang oleh jarak sehingga dengan adanya media sosial ini sangat memudahkan interkasi.

Selain itu, dalam dunia bisnis juga terjadi perubahan komunikasi yang dimana dulu seseorang dalam melakukan bisnis harus dilakukan secara langsung baik dalam proses tawar menawar ataupun jual beli. Sedangkan dengan adanya media sosial ini merubah semuanya karena tahapan tersebut biasanya sudah dibuat dalam diskon yang sudah ditetapkan dalam media sosial sehingga interaksi untuk melakukan tawar menawar menjadi tidak ada.

Medi sosial juga menjadi tempat dalam pertukaran kebudayaan yang sangat cepat sehingga interaksi dari berbagai kebudayaan dalam terjalin secara cepat. Selain itu, menjadi nilai tambah karena akses yang lebih cepat memungkinkan akulturasi dapat terjadi sehingga promosi setiap kebudayaan pun dapat disebar luaskan dengan sangat cepat dan baik.

Dibalik dari manfaat terhadap kemajuan pola interaksi dengan adanya media sosial terdapat juga dampak negative yang menjadi ancaman bagi penggunanya, seperti

1. Cyberbullying: Dimana remaja rentan terhadap pelecehan dan intimidasi online karena akses yang terbilang sangat terbuak dan mudah diakses. Cyberbullying dapat berdampak buruk pada kesejahteraan emosional mereka, menyebabkan stres, kecemasan, dan bahkan depresi. Sehingga perlu adanya pendampingan terhadap hal tersebut.

2. Body image dan kepuasan diri rendah: Media sosial sering kali menampilkan citra tubuh yang sempurna dan standar kecantikan yang tidak realistis. Remaja dapat merasa tidak puas dengan penampilan mereka sendiri, memicu masalah body image dan rendahnya rasa percaya diri. Maka dari itu harus mengunakan media sosial dengan baik dan jangan terpengaruhi oleh kejahatan online.

3. Kecanduan media sosial: Penggunaan yang berlebihan dan kecanduan media sosial dapat mengganggu kehidupan sehari-hari remaja. Mereka mungkin menghabiskan waktu yang berlebihan di depan layar, mengorbankan tidur yang cukup, aktivitas fisik, dan interaksi sosial langsung. Fase ini sangat berbahaya karena dapat merubah mental dan emosi selain itu, dapat merugikan diri karena kurangnya interaksi sosial.

Perkembangan media sosial telah membawa perubahan besar dalam cara kita berkomunikasi dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya Instagram yang membuat manusia lebih sering berinteraksi disana dibandingkan secara langsung. Terdapat dampak positif dan negative yang saling berhubungan sehingga perlu adanya tindakan supaya meminimalisir hal negative terjadi. Penting bagi pengguna media sosial untuk meningkatkan kesadaran tentang potensi risiko ini dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain dari ancaman tersebut.


Penulis : Ramdani J1401221025

Daftar Pustaka

Ahmadi, M. (2020). Dampak perkembangan new media pada pola komunikasi masyarakat. Jurnal

Komunikasi dan Penyiaran Islam, 26-37.

Alimudin, R. (n.d.). Perkembangan Instagram: Fitur-Fitur Terbaru dan Jumlah Penggunanya di

Indonesia. Retrieved from BUZUPP.ID: https://buzzup.id/perkembangan-instagram/

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial terhadap Kehidupan Remaja. (2023, Mei 29). Retrieved

from Desa Sidodadi: https://sidodadi-penarik.desa.id/artikel/2023/5/29/dampak-positif-dan-

negatif-media-sosial-terhadap-kehidupan-remaja

Posting Komentar untuk "Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pola Komunikasi dalam Masyarakat Digital"