Kapan Sih Imlek 2023? Ini Tanggal serta Legendanya.

 

                                                           (Foto/Dede Soleh Saepul)  

Kapan Imlek 2023 merupakan pertanyaan yang sering mimin terima baik melaui DM ataupun di kolom komentar media sosial.

Sebentar lagi masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek 2023
Imlek merupakan Hari Raya peringatan tahun baru bagi masyarakat Tionghoa. Berbeda dengan kalender Masehi, Kalender Lunar lah yang menjadi dasar penentuan Imlek yang didasarkan pada siklus bulan hingga penetapannya selalu berbeda dari tahun ke tahun dalam penanggalan Masehi.

Dalam kalender Lunar, setiap tahunnya akan diwakili oleh salah satu dari 12 hewan, yaitu anjing, babi/babi hutan, tikus, lembu, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, dan ayam jago. Dalam penanggalan China, tahun 2023 ini merupakan tahun Kelinci.






Lantas, kapan perayaan Imlek tahun 2023 dan hari cuti bersama?

Mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, Hari Raya Imlek ditetapkan pada Minggu, 22 Januari 2023 kalender Masehi.

Wargi tau gak ternyata penetapan Tahun Baru Imlek selalu berubah setiap tahunnya lho.Hal tersebut dikarenakan kalender Lunar yang menjadi dasar penetapan Imlek didasarkan pada siklus bulan dan matahari.

Jadi untuk Hari Libur Nasional Imlek jatuh pada hari Minggu, 22 Januari 2023,Sedangkan untuk Cuti Bersama Imlek 2023 yaitu hari Senin, 23 Januari 2023.


Legenda Imlek

Seperti semua Festival tradisional Tiongkok pada umumnya,Legenda Imlek pun memiliki legenda yang dipercaya secara turun temurun. Dilansir dari China Highlights salah satu legenda yang paling populer terkait Imlek adalah tentang binatang mitos Nian (/nyen/).

Hari Tahun Baru Cina disebut Guo Nian (过年) yang dalam bahasa Cina dapat berarti 'merayakan tahun (baru)' atau 'mengatasi Nian'. Karakter 年 (Nián) bisa dimaknai sebagai 'tahun' atau 'monster Nian'.




Dalam legenda tersebut dikisahkan bahwa dahulu kala ada monster bernama Nian (年, atau Nianshou 年兽) yang memiliki kepala panjang dan tanduk tajam. Konon, monster itu tinggal jauh di dalam laut sepanjang tahun dan hanya muncul setiap malam tahun baru untuk memakan orang dan ternak di desa terdekat.

Kemunculan monster tersebut di malam tahun baru membuat orang-orang harus mengungsi ke pegunungan terpencil untuk menghindari celaka dari monster tersebut. Hal itu membuat para pendudukan hidup dalam ketakutan.

Sampai suatu hari, seorang lelaki tua dengan rambut putih dan kulit kemerahan datang mengunjungi desa tersebut. Tidak seperti penduduk lainnya yang memilih bersembunyi, lelaki tua tersebut justru menolak untuk bersembunyi.

Rupanya lelaki tua itu berhasil menakuti monster. Dia menakuti monster dengan cara menempelkan kertas merah di pintu, membakar bambu untuk membuat suara retakan yang keras (pendahulu petasan), menyalakan lilin di rumah-rumah, dan mengenakan pakaian merah.


Saat para penduduk desa kembali, mereka pun sangat terkejut setelah mengetahui kalo desa tersebut belum dihancurkan oleh monster.

Sejak saat itu, setiap Malam Tahun Baru, orang-orang di desa melakukan apa yang diperintahkan oleh lelaki tua itu. Monster Nian pun tidak pernah muncul lagi dan mengganggu penduduk.

Tradisi inilah yang kemudian berlanjut hingga saat ini. Tradisi tersebut menjadi cara penting bagi masyarakat Tionghoa untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Gimana wargi? Sekarang sudah tidak penasaran lagi kan?








Posting Komentar untuk "Kapan Sih Imlek 2023? Ini Tanggal serta Legendanya."